Jumat, 23 April 2010

The Ascent of Man

Nama : Muhammad Edy Supriyadi

Kelas : 1 IA14

NPM : 55409796

Blogs : edyspatric.blogspot.com

Ringkasan film WALL-E dan Pesan yang Terkandung

Ini merupakan kisah dimana bumi sudah dianggap tidak layak untuk menjadi tempat tinggal manusia dan bumi berubah menjadi tumpukan sampah yang tidak dapat diaur ulang akibat kemajuan teknologi yang begitu pesat yang membuat umat manusia di bumi punah karena keracunan ( sangat banyaknya sampah ). Manusia sudah berusaha untuk mencari planet lain untuk tempat tinggal mereka. Akan tetapi tidak ada planet yang seperti bumi. Mereka akhirnya memutuskan untuk menciptakan pesawat luar angkasa untuk tempat tinggal mereka sementara karena manusia membuat robot yang ditinggal dibumi yang ditugaskan untuk membersihkan sampah tersebut dengan cara dipres dan robot itu diberi nama WALL-E (Waste Allocation Load Lifter Earth Class). WALL-E dibumi telah punah tetapi ada satu yang masih aktif dan dia mempunyai sahabat berupa binatang kecil seperti kecoak mereka adalah sahabat yang selalu setia menemani WALL-E saat menjalankan tugas.

Satu-satunya kelompuk manusia yang selamat adalah yang liburan di pesawat luar angkasa. Sebelum umat manusia punah, presiden Amerika yang terakhir sudah sempat mengirim pesan ke pesawat luar angkasa ini supaya mereka jangan kembali ke bumi, sebelum bumi benar-benar aman lagi untuk ditinggali. Untuk itulah dari pesawat luar angkasa dikirimkan EVE (Earth Vegetation Evaluator) untuk mencari adanya vegetasi/tumbuhan sebagai tanda-tanda bahwa bumi sudah aman untuk ditinggali. Dan baru 700 tahun kemudian, setelah WALL-E berhasil membersihkan bumi, barulah EVE ini bisa menemukan vegetasi di bumi.

Ceritanya ketika EVE bertemu dengan WALL-E, dia mengajak EVE ke rumahnya dan memperlihatkan barang-barang koleksinya. Saat itu pun EVE menemukan barang yang ia cari ( tanaman ). Tak lama EVE terkaget dan mengambil tanaman itu menjadi sebuah kapsul penahanan khusus di dalam tubuhnya, mengirimkan sinyal ke kapal induk dan masuk ke modus hibernasi. ( inacktive ).

Kemudian, setelah itu datanglah kembali kapal induk untuk menjemput EVE. WALL-E yang tidak rela EVE pergi kemudian mengikuti kapal itu sampai ke luar angkasa. Di dalam kapal AXIOM, pesawat itu mendarat, dan ternyata di sanalah seluruh penduduk bumi berada. Mereka hidup dengan bergantung sepenuhnya pada teknologi.

Berkomunikasi lewat layar komputer, dan melakukan segalanya dengan bantuan robot. Mereka duduk di kursi otomatis, tidak pernah bergerak dan beraktivitas, sehingga akibatnya tubuh mereka menjadi gemuk-gemuk. Melakukan komunikasi menggunakan komputer dan waktu siang malam diatur oleh seorang kapten dan pilot otomatis dipanggil Auto. Keberadaan tanaman itu merupakan kabar gembira bagi kapten akan tetapi Auto telah disetting untuk melarang setiap kapten untuk kembali ke bumi dengan alasan bumi tidak bisa ditempati.

Pertarungan pun terjadi antara Auto dan kapten secara sengit yang dimana kapten mendapat bantuan dari WALL-E dan EVE akan tetapi Auto memiliki anak buah robot yang juga membantunya. Manusia disini juga berjuang untuk berdiri dan jalan karena mereka dimanjakan dengan teknologi. Akhirnya peperangan ini dimenangkan oleh kapten dengan segenap perjuangan kapten, WALL-E, EVE dan semua seisi pesawat dapat kembali ke bumi. Akan tetapi WALL-E lupa ingatan sebab dia disiksa dan alat ditubuhnya rusak total. Kemudian ketika sampai di bumi EVE mengganti suku cadang WALL-E dan WALL-E pun dapat mengingat semua kembali.

Akhirnya setelah melalui kesulitan, mereka berhasil kembali ke bumi dan manusia kembali menghuni bumi yang sudah ditinggalkan selama 700 tahun. WALL-E dan EVE serta robot-robot lain lalu membantu manusia mengelola bumi. Manusia berusaha membuat bumi menjadi normal kembali.

Makna atau pesan yang dapat kita ambil dalam film WAL-E adalah kita sebagai makhluk hidup harus saling membantu antara makhluk hidup ( tumbuhan, manusia, binatang ) juga dengan aspek-aspek lainnya/lingkungan tempat tinggal kita. Kemajuan teknologi membuat manusia malas dan ingin cepat melakukan semua pekerjaan dengan mudah. Hal itu membuat manusia menjadi sebuah alat atau benda yang hanya dapat berpikir dan tidak melakukan tindakan. Semua itu berdampak akan ekosistem bumi dan makhluk hidup di dalamya, juga dapat menyebabkan bumi menjadi tidak seimbang dalam ekosistemnya.

Film WALL-E ini, memperingatkan akan bahaya konsumsi berlebihan, konsumerisme yang bodoh, kenyamanan kultural, ketidakpedulian lingkungan dan kemalasan. Ini adalah agenda sosial yang sebenarnya layak dikagumi – terutama untuk anak kecil. Seperti nilai – nilai positif yang tergambarkan melalui inti cerita dalam film ini, pesan sosial yang menggarisbawahi film ini adalah isu terpenting. Kita tahu akan kemajuan teknologi yang pesat dan kita tidak bisa menahan kemajuan itu. Teknologi yang canggih dan mempermudah kita melakukan semua aktifitas. Namun mulai saaat ini, pastikan kita menilai kemajuan teknologi yang ada, teknologi yang kita gunakan. Apakah benar-benar dapat berfungsi sepenuhnya dan berguna pada kita terutama tubuh kita. Jangan nantinya teknologi tersebut membuat kita menjadi MALAS dan menganggap semua pekerjaan mudah.

Contohnya pada zaman dahulu manusia memasak dengan menggunakan kayu bakar, untuk mencarinya dan menggunakannya manusia harus bersusah payah dahulu. Dan timbullah kompor minyak untuk memudahkan, namun kemajuan teknologi membuat manusia menciptakan kompor gas untuk mempermudah manusia memasak. Itu pun belum cukup, manusia masih merasa belum mudah dalam memasak maka diciptakanlah kompor berenergi listrik. Secara tidak langsung kita dapat merasakan perubahan aktifitas/atau pekerjaan kita menjadi lebih sedikit(malas). Dari film ini kalian dapat mengambil pesan yang terkandung.

TEKNOLOGI MEMUDAHKAN KITA??ATAU TEKNOLOGI MEMBUAT KITA SEMAKIN MALAS??

The Ascent of Man

Lower Than the Angles

Dalam bukunya, JACOB BRONOWSKY yang berjudul Ascent of Man mengatakan bahwa manusia lebih rendah dari malaikat yang tertera pada bab 1. Bab pertama ini menjelaskan tentang evolusi manusia pada tahun 400.000 SM. Mengapa?? Di karenakan beberapa sifat manusia itu sendiri yang tidak seperti malaikat. Malaikat Tidak pernah maksiat dan selalu mengamalkan apa saja yang diperintahkan-Nya,sedangkan manusia bertolak belakang dari sifat tersebut. Contoh sifat manusia bertolak belakang yang di ambil dari buku The Ascent of Man, ketika Bronowski melihat sebuah kamp bekas yang mana di sana banyak sanak dilakukan sampai mati. Di situ lah gerakan yang paling menyentuh dalam "The Ascent of Man( Pendakian Manusia )”. Akan tetapi pengaitan bahwa manusia itu lebih rendah dari malaikat dengan membandingkan sifat malaikat dengan manusia tidak lah cukup untuk mencari arti dari judul paper/tulisan ini.

”Man, despite his comparatively weak physical attributes has been able to shape the world with his unique set of gifts.Bronowski believes that it was not so much biological evolution, but cultural evolution that has made man what he is today.”Menelusuri evolusi dari manusia pemburu mereka berkumpul untuk fase yang sekarang, perubahan dalam diet dari tanaman bahan berbasis hewan manusia memberikan lebih banyak waktu bebas untuk menghabiskan membangun kemampuan untuk mendapatkan makanan dari sumber yang tidak dapat ditangani oleh kasar kekuatan.

Manusia lebih rendah dari malaikat dalam tulisan di atas di lihat dari sudut pandang cerita “The Ascent of Man” yang menampilkan sifat-sifat manusia bertolak belakang dengan malaikat. Tapi dalam Al-Qur’an tertulis bahwa manusia telah diciptakan dengan bentuk yang sempurna tanpa ada kekurangan sedikitpun.

Dan tuhan menciptakan kita sebagai manusia(mahkluk yang paling sempurna) dan diciptakan derajat nya yang paling tinggi. Contoh, suatu waktu Allah menunjuk suatu benda dan bertanya kepada malaikat.”benda apa itu?” ,,dan lalu malaikat tidak bisa menjawabnya,dan kemudian Nabi Adam lah yang dapat menjawabnya diKarenakan ia diberi akal pikiran yang tidak diberikan kepada malaikat. Lalu, Malaikat langsung meminta maaf kepada Allah atas kekhilafan mereka dan langsung bersujud kepada Adam. Nah dari contoh di atas, manusia diciptakan derajatnya lebih tinggi dari pada malaikat, manusia dan malaikat diciptakan dari sesuatu yang berbeda pula, Malaikat di ciptakan dari cahaya yang sangat lembut, sedangkan manusia diciptakan dari tanah. Adapun perbedaan bekal dari keduanya saat keduanya diciptakan, Manusia diciptakan dari tanah dan dibekali akal, pikiran dan nafsu. Sedangkan Malaikat diciptakan dari cahaya dan ditentukan kodratnya untuk patuh kepada Tuhan. Jadi secara garis besar manusia bisa diciptakan lebih tinggi derajatnya dari pada Malaikat karena manusia diciptakan dengan dibekali akal, pikiran dan nafsu.

· SIFAT MALAS

Kebangkitan peradaban manusia melalui Bercocok tanam

Selama dua juta tahun manusia berkeliaran di muka bumi. Dengan api dan alat-alat batu ia memiliki kontrol atas dunia fisik. Dengan revolusi pertanian dia belajar untuk mengontrol dunia biologi: cara menanam biji-bijian, seperti gandum, dan jagung, dan untuk menjaga hewan, seperti kambing dan domba. Dengan mendatangkan revolusi sosial: desa, dankota-kota pun bermunculan.

Dengan bercocok tanam manusia dapat menghidupi hidupnya, dengan bercocok tanam manusia dapat tinggal disuatu tempat, membangun rumah yang dapat melindunginya dari kerasnya alam, dan pada akhirnya pengembaraan hidupnya pun dapat berakhir hal-hal tersebut merupakan awal mula peradaban manusia dimana manusia mulai tinggal menetap disuatu daerah.

Manusia lebih rendah dari pada malaikat???

Seorang manusia diciptakan dengan dibekali akal dan pikiran, tetapi disamping itu manusia juga dibekali nafsu, sehingga manusia mempunyai sifat yang membuat mereka lebih rendah dari malaikat, dan sifat inilah yang menyebabkan manusia melakukukan banyak kemajuan teknologi. Sifat ini adalah “malas”.

Sifat malas tersebut, membuat setiap orang ingin melakukan hal yang serba instan, serba cepat, tidak mengeluarkan tenaga. Maka dari itu sifat malas tersebut yang menyebabkan kemajuan teknologi. Sebagai contoh pada alat pemasak nasi.

Zaman dulu orang memasak nasi menggunakan kayu bakar, kayu bakar tersebut dicari di dalam hutan. Karena sifat malas timbul di benak manusia. maka ingin menemukan sesuatu yang lebih mudah dan tidak perlu pergi ke hutan, maka manusia menciptakan kompor dengan bahan bakar minyak tanah. Lama kelamaan dengan minyak tanah, manusia masih tetap malas karena masih harus mengganti sumbu kompor yang lama-kelamaan akan habis terbakar dan menambah miyak yang lama kelamaan akan habis, sifat malas itu timbul kembali. Kemudian manusia ingin menciptakan sesuatu lagi yang tidak untuk mengganti sumbu dan menambah minyak. Maka manusia menciptakan kompor gas, dengan kompor gas kalau gas habis maka ia harus membeli gas. Lama kelamaan timbul rasa malas. Maka manusia menciptakan hal baru yang tidak usah repot-repot mengganti gas. Maka manusia membuat alat pemasak nasi dengan berdaya listrik.

Rasa malas itu biasa dikaitkan dengan rasa LAPAR. Mengapa??? Disebabkan karena lapar manusia tidak ingin melakukan sesuatu. Yang dikerjakan haya bermalas-malasan. Dan bila rasa lapar tersebut teratasi atau yang disebut kenyang, rasa malas tersebut datang kembali karena kenyang yang ingin dikerjakan hanya besantai atau tidur. Maka masalah Lapar merupakan salah satu faktor yang menyebabkan rasa malas muncul baik lapar itu teratasi ataupun belum.’

Rasa malas bukan menjadi penghalang untuk kita tidak melakukan aktivitas. Kebanyakan orang dengan malas-malasan akan menambah stamina tubuh. Namun sebenarnya malas hanya suatu hal yang dapat membuat kita kekurangan kedisiplinan.

Rasa malas diartikan sebagai keengganan seseorang untuk melakukan sesuatu yang seharusnya atau sebaiknya dia lakukan. Masuk dalam keluarga besar Rasa malas adalah menolak tugas, tidak disiplin, tidak tekun, sungkan, suka menunda sesuatu, mengalihkan diri dari kewajiban, dll. Jika keluarga besar dari rasa malas ini mudah sekali muncul dalam aktivitas sehari-hari kita, maka dijamin kinerja kita akan jauh menurun. Bahkan bisa jadi kita tidak pernah bisa mencapai sesuatu yang lebih baik sebagaimana yang kita inginkan.

Rasa malas merupakan sejenis penyakit mental. Mengapa disebut penyakit mental? Disebut demikian karena akibat buruk dari rasa malas memang sangat merugikan. Siapa pun yang dihinggapi rasa malas akan kacau kinerjanya dan ini jelas-jelas sangat merugikan. Sukses dalam karir, bisnis, dan kehidupan umumnya tidak pernah datang pada orang yang malas. Masyarakat yang dipenuhi oleh individu-individu yang malas tidak jelas tidak akan pernah maju.

Konsumsi berlebihan, konsumerisme yang bodoh, kenyamanan kultural, ketidakpedulian lingkungan dan kemalasan. hal-hal tersebutlah yang dapat membuat kita sebagai manusia disebut-sebut lebih rendah dari malaikat, namun jika kita senantiasa menaati perintah Tuhan dan terus berjalan pada jalan yang lurus, dapat dipastikan bahwa manusia tersebut lebih tinggi derajatnya dari makhluk Tuhan lainnya.

Apa yang membedakan manusia dari primata lain, atau bahkan hewan lainnya? Jacob Bronowski, seorang matematikawan terlatih dalam fisika, meneliti sejarah ilmiah dan intelektual manusia dalam bukunya The Ascent of Man. Meskipun buku ini didasarkan pada serial televisi ditayangkan di BBC pada 1970-an, jauh dari ketinggalan jaman. Lebih dari 30 tahun setelah pertama kali diterbitkan; The Ascent of Man masih memanggil kembali kebanggaan di masa lalu kita dan menanamkan harapan untuk masa depan kita bagi para pembacanya.

Meliputi cakupan luas dunia dari fajar manusia (dimana manusia baru terbantuk) sampai zaman modern, Bronowski meneliti bagaimana manusia telah menjadi pembentuk dari sekelilingnya bukannya dibentuk oleh itu. Setiap spesies lainnya telah diadaptasi agar sesuai dengan lading ekologis tertentu, mereka telah berevolusi untuk lingkungan tertentu. Manusia, meskipun relatif lemah atribut fisik telah mampu membentuk dunia dengan unik inilah keajaiban yang telah diberikan kepada manusia. Bronowski percaya bahwa itu tidak begitu banyak evolusi biologis, tetapi evolusi budaya yang telah menciptakan manusia apa untuk digunakan dalam mempelajari kemampuan untuk mendapatkan makanan dari sumber yang tidak bisa ditangani oleh kekuatan murni (fisik). Efek yang paling ditandai dari ini adalah untuk mendorong tindakan yang dilakukan secara berkelompok dan komunikasi antara sesama. Langkah tunggal terbesar berikutnya dalam pendakian manusia adalah perubahan dari cara hidup nomaden untuk pertanian desa, yang dimungkinkan oleh serangkaian peristiwa alam dan manusia. pertanian yang diselesaikan menciptakan teknologi dari yang semua ilmu yang tiada batas.

Mengambil minat pembaca melalui perjalanan waktu, Bronowski senang akan penemuan dan penemuan ilmiah dibuat selama sepuluh ribu tahun terakhir-dari domestikasi gandum dalam 8.000 SM dengan struktur spiral ganda DNA pada 1950-an. Dia menjelaskan alat yang memperpanjang tangan manusia sebagai instrumen visi-mereka mengungkapkan struktur baru dan memungkinkan untuk menempatkan mereka bersama-sama dalam kombinasi yang imajinatif.

Menelusuri evolusi manusia dari pemburu mereka mengumpulkan fase-fasenya sampai ke fase yang sekarang, ia mengatakan bahwa perubahan makanan dari pabrik untuk bahan dasar hewan memberi manusia lebih banyak waktu bebas untuk digunakan

Dengan menggali jauh ke dalam kehidupan dan pemikiran yang luar biasa dari berbagai orang, Bronowski membahas berbagai subyek yang kompleks yang lebih luas dari Antropologi untuk Astronomi dan dari Matematika ke Biologi. Dia mengungkapkan hubungan yang membawa sesuatu bersama budaya dengan memperkenalkan kami tentang Pythagoras, yang menemukan hubungan mendasar antara harmoni musik dan matematika, Euclid, Ptolemy dan sarjana Arab yang senang dalam perhitungan dan geometri. Penulis menunjukkan bagaimana penyebaran ide-ide sepanjang rute perdagangan – penyebaran sistem angka untuk notasi angka dari dunia Arab dan sistem desimal dari India – matematika berubah selamanya.

Dari matematika untuk astronomi adalah langkah logis. Peradaban Maya disimpan astronom mereka dalam struktur seperti piramida dan kalender dikembangkan untuk melacak perjalanan bintang-bintang, matahari ditempatkan di pusat sistem planet oleh Copernicus dan Galileo memberikan hidupnya untuk membuktikan bahwa begitu.

Kehidupan orang-orang ini memiliki dampak yang mendalam terhadap cara hidup modern. Meskipun tidak memperhitungkan pendakian hidup, manusia dapat meninggalkan hal-hal seperti Isaac Newton dan Albert Einstein, Bronowski menjelaskan lebih dari pekerjaan mereka. Dia menunjukkan kepada kita bagaimana mereka berpikir dan bagaimana karakter mereka pasti pekerjaan mereka.

Revolusi Industri adalah penemuan terbesar sepanjang masa kekuasaan ketika sumber energi baru ditemukan dan digunakan. Dengan banyak datang nya karakteristik dunia modern yang kita benci-sistem mulai dari pabrik dengan jam kerja yang tidak manusiawi, bos tirani, polusi dan dominasi laki-laki oleh mesin. Sementara itu Bronowski membawa ini untuk member kita pengetahuan akan hal ini, Bronowski tidak meninggalkan sisi lain dari zaman ini – suatu hal yang menyenangkan penemuan dan rasa menyenangkan dalam menemukan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu. Ia percaya bahwa revolusi ini sama pentingnya dengan kembalinya hidup manusia dalam pendakian manusia-sementara salah satunya yaitu mendirikan martabat manusia; membentuk kesatuan lain dari alam.

Menjelaskan teori evolusi oleh seleksi alam yang diajukan oleh Charles Darwin dan Alfred Wallace, Bronowski mengatakan bahwa itu adalah inovasi yang paling penting ilmiah tunggal dari abad kesembilan belas. Hal ini menunjukkan bahwa dunia dalam gerakan dan penciptaan yang tidak statis, melainkan berubah sesuai dengan waktu tidak seperti dunia fisik. Penemuan lain yang telah membentuk biologi adalah salah satu oleh ilmuwan kontemporer, yang menyatakan siklus kehidupan dalam bentuk kimia yang menghubungkan mereka dengan alam secara keseluruhan.

Saat kita melihat ilmu-ilmu fisik, Bronowski mengatakan bahwa tujuan dari ilmu fisika telah memberikan gambaran yang tepat dari dunia material. Satu pencapaian fisika pada abad kedua puluh telah membuktikan Tujuan yang tak terjangkau! Fisikawan telah menunjukkan bahwa tidak ada pengetahuan mutlak; semua informasi tidak sempurna dan kita harus memperlakukannya dengan rendah hati.

Dalam bab terakhir dalam buku, berjudul The Long Childhood, Bronowski kembali ke apa yang membuat manusia manusia dan apa yang telah membuat pendakian manusia mungkin. Dia mengatakan, “Kita semua takut – untuk keyakinan kita, untuk masa depan, untuk dunia. Itulah sifat alami dari imajinasi yang terdapat pada manusia. Namun bagi setiap orang, setiap peradaban sudah maju karena terjadi keterlibatan dengan apa yang telah menyiapkan diri setiap manusia untuk ikut mengembangkan peradaban tersebut baik sadar maupun secara tidak sadar. Komitmen pribadi manusia untuk kemampuan, komitmen intelektual dan komitmen emosional bekerja bersama sebagai satu, telah membuat Pendakian hidup dari Manusia “.

The Harvest Of season

Dalam bab selanjutnya terdapat bab The Harvest of Season yaitu awal migrasi manusia, pertanian,permukiman pertama, dan perang.

Langkah terbesar dalam pendakian manusia adalah perubahan dari cara hidup nomaden ke desa pertanian, yang dimungkinkan oleh serangkaian peristiwa alam dan manusia. “Settled agriculture creates a technology from which all sciences take off”. Yaitu, pertanian menetap menciptakan teknologi dari mana semua ilmu lepas landas.

Mereka mulai migrasi diakibatkan oleh suatu hal yang mendasar yaitu akibat bahan makanan mulai menipis serta juga cuaca yang ekstrim. Mereka bermigrasi ke tempat yang mereka belum tempati dan untuk melihat dunia yang baru. Pada saat ini mereka sudah menggunakan alat tombak yang ujungnya terbuat dari tulang hewan ataupun dari batu untuk berjaga serta pertahanan diri sendiri maupun kelompok mereka, dan juga mereka gunakan berburu hewan untuk mencari makanan.

Awal mereka bermukim adalah pada masa Prasejarah mereka sudah mulai menetap disuatu tempat, meramu dan menggunakan alat-alat pertanian ataupun rumah tangga yang sudah agak modern. Misalkan alat- alat yang terbuat dari gerabah, dan selalu berkembang.

Cara berkomunikasi mereka sudah agak modern dari tahun-tahun sebelumnya. Mereka membuat pemukiman yang terdiri dari beberapa kelompok kepala keluarga, serta untuk saling menjaga dan saling membantu dalam bekerja.

Perang pada saat zaman Prasejarah diakibatkan karena manusia ingin menguasai daerah tertentu, dan juga ingin memperluas daerah ataupun kekuasaan yang telah mereka tempati. sikap imperialis sudah di tunjukkan pada zaman mereka dan sikap serakah manusia yang imperialis ini merupakan keturunan dari bangsa mereka sebelumnya, yang mana akan selalu tertanam di dalam sifat manusia pada zaman yang akan datang.

Manusia migrasi menunjukkan setiap gerakan oleh manusia dari satu wilayah ke lain ( migrasi ), sering jarak jauh atau dalam kelompok besar. Manusia yang diketahui memiliki luas bermigrasi sepanjang sejarah. Hal ini dapat dibandingkan dengan perilaku kelompok periodik migrasi binatang seperti burung dan ikan. Artikel ini berkonsentrasi pada migrasi manusia historis.

Migrasi dan isolasi populasi adalah salah satu dari empat kekuatan evolusioner (bersama dengan seleksi alam , pergeseran genetik, dan mutasi ). Studi tentang distribusi dan perubahan alel (gen variasi) frekuensi di bawah pengaruh tersebut adalah disiplin genetika Penduduk .

The Grain Of Stone

Penemuan-penemuan ilmiah dibuat selama sepuluh ribu tahun terakhir-dari domestikasi gandum dalam 8.000 SM ke struktur heliks ganda DNA pada 1950-an. “He describes the tools that extend the human hand as an instrument of vision- they reveal new structures and make it possible to put them together in imaginative combinations”. Dia menjelaskan alat-alat yang memperpanjang tangan manusia sebagai instrumen visi-mereka mengungkapkan struktur-struktur baru dan memungkinkan untuk menempatkan mereka bersama-sama dalam kombinasi imajinatif.

Salah satu langkah terbesar dalam pendakian manusia adalah munculnya tukang batu. Alih-alih tinggal di gua-gua atau rumah-rumah yang terbuat dari bumi, manusia membangun rumahnya dari kayu dan batu dan batu bata. Mungkin tampak seperti sebuah perubahan kecil tetapi sebenarnya itu besar:

1. Ini menandai pemahaman baru tentang alam:

bahwa itu adalah sesuatu yang Anda dapat mengambil terpisah, memahami dan kemudian dimasukkan kembali bersama-sama dengan cara baru.

2. Ini memungkinkan munculnya kota-kota:

tidak hanya secara fisik dengan memberikan bangunan yang diperlukan, tetapi juga dengan memberikan pemahaman baru tentang masyarakat manusia sebagai sesuatu yang terbuat dari bagian-bagian yang bekerja bersama-sama.

Sebuah kota terdiri dari orang-orang yang bekerja sama dengan cara tertentu.

Khususnya :

a. pembagian kerja: seorang pria melakukan satu jenis pekerjaan seluruh hidupnya dan menjadi sangat bagus dalam hal itu, bahkan mungkin datang dengan penemuan-penemuan baru. Tidak hanya para tukang batu, tetapi juga pengrajin lain seperti tembikar, coppersmiths dan penenun.

b. antai komando: yang memungkinkan sebuah kota atau orang-orang untuk bertindak sebagai salah satu dan mencapai hal-hal untuk kebaikan yang lebih besar, seperti pengendalian air irigasi. Informasi datang ke sebuah komandan atau penguasa di pusat dan comands mengalir keluar.

Ketika suku Inca jatuh ke tangan Spanyol pada 1532 mereka hanya pada tahap ini. Peradaban mereka dipotong pendek sebelum datang dengan roda, lengkungan atau bahkan menulis. Mereka menyimpan catatan pada string tersimpul disebut quipu, tetapi hanya angka yang tercatat bukan kata-kata. Orang-orang Yunani, meskipun cinta besar geometri, tidak pernah datang dengan lengkungan. Itu adalah penemuan Romawi. Dengan menyebarkan beban kolom diizinkan untuk memegang lebih banyak berat badan atau disebarkan jauh terpisah. Lengkungan Romawi dan kemudian Arab satu didasarkan pada lingkaran.

Seribu tahun kemudian pada 1100 Gothic terdengar lengkungan, oval atau menunjuk lengkungan dari katedral Gothic utara Eropa. Dengan menyebarkan beban lebih jauh daripada lengkungan Roma, bangunan bisa naik sampai 40 meter. Dan karena lengkungan, bukan dinding, sedang memegang bangunan, kemungkinan besar itu membuat jendela-jendela kaca-patri.

The Gothic arch adalah terobosan besar terakhir dalam arsitektur sampai 1800-an dengan munculnya bangunan-bangunan yang dibuat dengan kerangka baja.

Manusia membangun katedral Gothic bukan karena ia tiba-tiba dibutuhkan besar, gereja-gereja yang indah, tetapi karena ia bisa. Manusia senang sekali membuat hal-hal, begitu banyak sehingga ia sering membuat mereka lebih baik daripada dia harus. Yang pada gilirannya memungkinkan hal-hal yang akan digunakan di luar tujuan yang telah ditetapkan, mengarah pada cara-cara baru dalam melakukan sesuatu – teknologi.

Mengambil hal-hal yang terpisah dan menempatkan mereka kembali bersama-sama meletakkan landasan bagi lebih dari sekadar arsitektur dan kota-kota tetapi juga bagi pemahaman baru tentang alam – yang pada waktu menjadi ilmu pengetahuan.

Manusia mulai mengenal arsitektur bangunan dan patung, hal tersebut membuat manusia mulai berbudaya dan mengenalkan kita kepada hal tersebut. Budaya yang mendorong manusia ingin terus berimajinasi dan mengembangkan struktur-struktur baru. Sejak dari zaman-zaman sebelumnya, mereka sudah mengenal arsitektur-arstektur bangunan. Namun budaya mendorong mereka untuk dapat berimajinasi lebih untuk memciptakan hal-hal baru dalam kehidupa mereka.

Perkembangan ini terlihat lebih dominan pada bangsa romawi yang menciptakan patung serta bangunan-bangunan megah dengan arsitektur yang sangat hebat dan dipadukan dengan imajnasi para penduduk serta perkembangan budaya yang mendukungnya.

Pada dasarnya evolusi budaya-lah yang membuat manusia menjadi yang sekarang ini dengan proses yang panjang dan perkembangan pemikiran manusia yang ingin berubah lebih baik dari sebelumnya. Dengan memanfaatkan imajinasi mereka yang menyebabkan perkembangan ilmu dan teknologi dalam era sekarang ini.

Hubungan Buku The Ascent of Man dengan film WALL-E

Adapun hubungan dari film WALL-E terhadap video berseri ASCENT of man “LOWER THAN ANGELS “ adalah. Pertama kita melihat bahwa video LOWERS THAN ANGELS itu menceritakan tentang prototype bumi 400 ribu tahun yang lalu. Perubahan masa evolusi manusia hingga jaman sekarang. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat pada peradaban manusia menjadi inti utama dari permasalahan ini. Yang jadi masalahnya bukan karena perkembangan iptek-nya tapi karena sikap manusia yang terlalu serakah dan tidak peduli terhadap keadaan bumi sehingga keadaan bumi semakin memburuk abad-demi abad. Pada film wall-e diperkirakan bahwa pada tahun 2110 Bumi sudah terlalu tercemar dan sudah tidak memungkinkan untuk dihuni oleh manusia. Hal itu pantas jadi hal yang sangat mencemaskan bagi kelangsungan hidup manusia. Karena manusia tidak mungkin hidup tanpa adanya bumi. Bumi adalah tempat hidup kita satu-satunya.

Bumi diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa untuk menjadi tempat hidup manusia. Rumah kita semua. Keserakahan dan keangkuhan manusialah yang membuat semua menjadi seperti yang diperkirakan dalam film wall-e. maka dari itu fil ascent of man mengingatkan kita dalam evolusinya bumi 400 ribu tahun yang lalu. Bumi begitu asri dan berjalan sesuai dengan hukum alam yang ada. Semuanya berjalan sesuai kehendaknya. Tak ada yang namanya perusakan ataupun kehancuran yang mengganggu keseimbangan bumi. Keseimbangan bumi sangat penting bagi kehidupan manusia juga. Slayaknya timbangan yang seimbang akan menunjukan keadilan yang nyata kepada setiap orang yang melihatnya.

Teringatnya kita akan gambaran bumi 400ribu tahun yang lalu akan menggugah semangat kita untuk menjadikan bumi ini lebih baik dari sebelumnya. Bahkkan menyamai keasrian 400ribu tahun yang lalu.robot yang tercipta dalam film wall-e menyadarkan kita akan arti pentingnya usaha kita sendiri yang tidak terlalu dimanjakan oleh iptek. Karena sekalipun iptek membawa peradaban manusia menjadi lebih maju, tapi iptekpun mempunyai kelemahan yang bisa membawa kerugian kepada manusia yang ada. Betapa indahnya kesatuan antara alam dan manusia. Keduanya bisa bekerja sama untuk kelangsungan hidup masing2. Gunung yang menjulang tinggi, langit yang terlukis indah, sungai yang mengalir ke beberapa arah, lautan luas yang menjadi pembatas daratan alami. Itu semua adalah gambaran dari sebuah bumi. Yang sewaktu-waktu dapat berevolusi.

Kita tahu akan kemajuan teknologi yang pesat dan kita tidak bisa menahan kemajuan itu. Teknologi yang canggih dan mempermudah kita melakukan semua aktifitas. Namun mulai saaat ini, pastikan kita menilai kemajuan teknologi yang ada, teknologi yang kita gunakan. Apakah benar-benar dapat berfungsi sepenuhnya dan berguna pada kita terutama tubuh kita. Jangan nantinya teknologi tersebut membuat kita menjadi MALAS dan menganggap semua pekerjaan mudah.

Reverensi :

http://dicky.ngeblogs.com/2010/04/06/tugas-ibd-7-april-chapter-2/

http://suryarizaputra.wordpress.com/2010/04/06/ibd-the-ascent-of-man/

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/04/isi-kandungan-film-dan-cerpen-ascent-of-ment/

http://ekojihadsaputra.blogspot.com/2010/04/lower-then-angel.html

http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&sl=en&u=http://www.strategicforesight.com/bookreview_ascentofman.htm&prev=/search%3Fq%3Djacob%2BBronowski%2Bthe%2Bgrain%2Bin%2Bthe%2Bstone%2Breview%26hl%3Did%26client%3Dfirefox-a%26sa%3DX%26rls%3Dorg.mozilla:en-US:official%26channel%3Ds&rurl=translate.google.co.id&usg=ALkJrhjQSLTNOsn_9SnjMDD8THjxrrCWyQ

http://google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar