Kamis, 14 April 2011

media penyimpanan

MEDIA PENYIMPANAN

Komputer mempunyai perangkat keras untuk media penyimpanannya. Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar komponen utama yang telah disebutkan di atas. Contoh dari memori eksternal adalah floppy disk, harddisk, cd-rom, dvd.
Hampir semua memori eksternal yang banyak dipakai belakangan ini berbentuk disk/piringan sehingga operasi data dilakukan dengan perputaran piringan tersebut. Dari perputaran ini, dikenal satuan rotasi piringan yang disebut RPM (Rotation Per Minute). Makin cepat perputaran, waktu akses pun semakin cepat,namu makin besar juga tekanan terhadap piringan sehingga makin besar panas yang dihasilkan. Untuk media berkapasitas besar dikenal beberapa sitem yang ukuran RPM nya sebagai berikut :
• 3600 RPM Pre-IDE
• 5200 RPM IDE
• 5400 RPM IDE/SCSI
• 7200 RPM IDE/SCSI
• 10000 RPM SCSI

Setiap memori eksternal memiliki alat baca dan tulis yang disebut head (pada harddisk) dan side (pada floppy). Tiap piringan memiliki dua sisi head/side, yaitu sisi 0 dan sisi 1. Setiap head/side dibagi menjadi lingkaran lingkaran konsentris yang disebut track. Kumpulan track yang sama dari seluruh head yang ada disebut cylinder. Suatu track dibagi lagi menjadi daerah-daerah lebih kecil yang disebut sector.

Media penyimpanan adalah peralatan fisik yang menyimpan representasi data. Media Penyimpanan/storage atau memori dapat dibedakan atas 2 bagian yaitu :

Primary Memory : Primary Storage atau Internal Storage

Secondary Memory : Secondary Storage atau External Storag

PRIMARY MEMORY / MAIN MEMORY

Ada 4 bagian didalam primary storage, yaitu :

à Input Storage Area : Untuk menampung data yang dibaca

à Program Storage Area : Penyimpanan instruksi-instruksi untuk pengolahan

à Working Storage Area : Tempat dimana pemrosesan data dilakukan

à Output Storage Area : Penyimpanan informasi yang telah diolah untuk

Berdasarkan hilang atau tidaknya berkas data atau berkas program didalam storage kita kenal:

Volatile Storage

Berkas data atau program akan hilang bila listrik dipadamkan

Non Volatile Storage

Berkas data atau program tidak akan hilang sekalipun listrik dipadamkan

Primary Memory komputer terdiri dari 2 bagian :

RAM (RANDOM ACCESS MEMORY)

Bagian dari main memory, yang dapat kita isi dengan data atau program dari diskette atau sumber lain. Dimana data-data dapat ditulis maupun dibaca pada lokasi dimana saja didalam memori. RAM bersifat VOLATILE.

ROM (READ ONLY MEMORY)

Memori yang hanya dapat dibaca. Pengisian ROM dengan program maupun data, dikerjakan oleh pabrik. ROM biasanya sudah ditulisi program maupun data dari pabrik dengan tujuan-tujuan khusus. Misal : Diisi penterjemah (interpreter) dalam bahasa basic. Jadi ROM tidak termasuk sebagai memori yang dapat kita pergunakan untuk program-program yang kita buat. ROM bersifat NON VOLATILE.

SECONDARY MEMORY / AUXILARY MEMORY

Memori dari pada CPU sangat terbatas sekali dan hanya dapat menyimpan informasi untuk sementara waktu. Oleh sebab itu alat penyimpan data yang permanen sangat diperlukan. Informasi yang disimpan pada alat-alat tersebut dapat diambil dan ditransfer pada CPU pada saat diperlukan. Alat tersebut dinamakan secondary memory / auxiliary memory atau backing storage.

Jenis Secondary Storage

¨ Serial / Sequential Access Storage Device (SASD)

Contoh : Magnetic Tape, Punched Card, Punched Paper Tape

¨ Direct Access Storage Device (DASD)

Contoh : Magnetic Disk, Floppy Disk, Mass Storage

Pada memori tambahan pengaksesan data dilakukan secara tidak langsung yaitu dengan menggunakan instruksi-instruksi seperti GET, PUT, READ atau WRITE

Beberapa pertimbangan didalam memilih alat penyimpanan :

à Cara penyusunan data

à Kapasitas penyimpanan

à Waktu Akses

à Kecepatan transfer data

à Harga

à Persyaratan pemeliharaan

à Standarisasi

¨ Magnetic Tape

¨

Magnetic tape adalah model pertama dari pada secondary memory. Tape ini juga dipakai untuk alat input/output dimana informasi dimasukkan ke CPU dari tape dan informasi diambil dari CPU lalu disimpan pada tape lainnya.

Panjang tape pada umumnya 2400 feet, lebarnya 0.5 inch dan tebalnya 2 mm. Data disimpan dalam bintik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastik yang dilapisi ferroksida. Flexible plastiknya disebut mylar. Mekanisme aksesnya adalah tape drive.

Jumlah data yang ditampung tergantung pada model tape yang digunakan. Untuk tape yang panjangnya 2400 feet, dapat menampung kira-kira 23.000.000 karakter. Penyimpanan data pada tape adalah dengan cara sequential.

Penyimpanan Data pada Tape

¨ Salah satu karakteristik yang penting dari tape adalah density (kepadatan) dimana data disimpan. Density adalah fungsi dari media tape dan drive yang digunakan untuk merekam data ke media tadi. Satuan yang digunakan density adalah bytes per inch (bpi). Umumnya density dari tape adalah 1600 bpi dan 6250 bpi. (bpi ekivalen dengan charakter per inch)

¨ Parity dan Error Control pada Magnetic Tape

¨ Salah satu teknik untuk memeriksa kesalahan pada magnetic tape adalah dengan parity check.

¨ Jenis Parity Check adalah

à ODD PARITY (Parity Ganjil)

à Jika data direkam dengan menggunakan odd parity, maka jumlah 1 bit yang merepresentasikan suatu karakter adalah ganjil.

à Jika jumlah 1 bitnya sudah ganjil, maka parity bit yang terletak pada track ke 9 adalah 0 bit, akan tetapi jika jumlah 1 bitnya masih genap maka parity bitnya adalah 1 bit.

à EVEN PARITY ( Parity Genap)

à Bila kita merekam data dengan menggunakan even parity, maka jumlah 1 bit yang merepresentasikan suatu karakter adalah genap jika jumlah 1 bitnya sudah genap, maka parity bit yang terletak pada track ke 9 adalah 0 bit, akan tetapi jika jumlah 1 bitnya masih ganjil maka parity bitnya adalah 1 bit.

à Misal

à Track 1 : 0 0 0 0 0 0

à 2 : 1 1 1 1 1 1

à 3 : 1 1 1 1 1 1

à 4 : 0 1 0 1 0 1

à 5 : 1 1 0 1 1 0

à 6 : 1 1 1 1 0 0

à 7 : 0 1 1 1 1 0

à 8 : 0 0 1 1 1 1

à

à Bagaimana isi dari track ke 9, jika untuk merekam data digunakan odd parity dan even parity ????

à Jawab :

à ODD PARITY

à Track 9 : 1 1 0 0 0 1

à EVEN PARITY

à Track 9 : 0 0 1 1 1 0

Menghitung Kapasitas Penyimpanan & waktu akses pada Tape

¨ Misal :

Kita akan membandingkan berapa banyak record yang disimpan dalam tape bila :

¨ 1 block berisi 1 record

¨ 1 record = 100 charakter

¨ dengan

¨ 1 block berisi 20 record

¨ 1 record = 100 charakter

¨ Panjang tape yang digunakan adalah 2400 feet, density 6250 bpi dan panjang gap 0.6 inch.

¨ Jawab ;

¨ 1. 2400 feet/tape * 12 inch/feet

¨

¨ 1 rec/block * 100 char/rec + 0.6 inch/gap * 1 gap/block

¨ 6250 char/inch

¨ = 46753 block/tape

¨

¨ 2. 2400 feet/tape * 12 inch/feet

¨

¨ 20 rec/block * 100 char/rec + 0.6 inch/gap * 1 gap/block

¨ 6250 char/inch

¨

¨ = 31304 block/tape

¨

¨

¨ Jadi tape tersebut berisi = 20 * 31304

¨ = 626.080 record.

¨ Keuntungan Penggunaan Magnetic Tape

· Panjang record tidak terbatas

· Density data tinggi

· Volume penyimpanan datanya besar dan harganya murah

· Kecepatan transfer data tinggi

· Sangat efisiensi bila semua atau kebanyakan record dari sebuah tape file memerlukan pemrosesan seluruhnya

¨ Keterbatasan penggunaan Magnetic Tape

· Akses langsung terhadap record lambat

· Masalah lingkungan

· Memerlukan penafsiran terhadap mesin

· Proses harus sequential

MEDIA PENYIMPANAN FILE /BERKAS

¨ Magnetic Disk

¨ RAMAC (Random Access) adalah DASD pertama yang dibuat oleh industri komputer. Pada magnetic disk kecapatan rata-rata rotasi piringgannya sangat tinggi. Access arm dengan read/write head yang posisinya diantara piringan-piringan, dimana pengambilan dan penyimpanan representasi datanya pada permukaan piringan. Data disimpan dalam track.

¨ Karakteristik Secara fisik pada magnetic disk

¨ Disk pack adalah jenis alat penyimpanan pada magnetic disk, yang terdiri dari beberapa tumpukan piringan alumenium.

¨ Dalam sebuah pack/tumpukan umumnya terdiri dari 11 piringan, setiap piringan diameternya 14 inch (8 inch pada minidisk) dan menyerupai piringan hitam. Permukaannya dilapisi dengan metal oxide film yang mengandung magnetisasi seperti pada magnetic tape. Banyaknya track pada piringan menunjukkan karakteristik penyimpanan pada lapisan permukaan, kapasitas disk drive dan mekanisme akses.

¨

¨ Disk mempunyai 200-800 track per permukaan (banyaknya track pada piringan adalah tetap). Pada disk pack yang terdiri dari 11 piringan mempunyai 20 permukaan untuk menyimpan data.

¨

¨ Kedua sisi dari setiap piringan digunakan untuk menyimpan data, kecuali pada permukaan yang paling atas dan paling bawah tidak digunakan untuk menyimpan data, karena pada bagian tersebut lebih mudah terkena kotoran/debu daripada permukaan yang didalam juga arm pada permukaan luar hanya dapat mengakses separuh data.

¨

¨ Untuk mengakses, disk pack disusun pada disk drive yang didalamnya mempunyai sebuah controller, access arm, read/write head dan mekanisme untuk rotasi pack.

¨

¨ Ada disk drive yang dibuat built-in dengan disk pack, sehingga disk pack ini tidak dapat dipindahkan yang disebut non removable, sedangkan disk pack yang dapat dipindahkan disebut removable.

¨

¨ REPRESENTASI DATA dan PENGALAMATAN

¨ Data pada disk juga di block seperti data pada magnetic tape. Pemanggilan sebuah block adalah banyaknya data yang diakses pada sebuah storage device. Data dari disk dipindahkan ke sebuah buffer pada main storage computer untuk diakses oleh sebuah program.

¨

¨ Kemampuan mengakses secara direct pada disk menunjukkan bahwa record tidak selalu diakses secara sequential.

¨ Ada 2 teknik dasar untuk pengalamatan data yang disimpan pada disk yaitu

¨

Ø Metode Silinder

Ø Metode Sektor

¨

¨

METODE SILINDER

¨ Pengalamatan berdasarkan nomor silinder, nomor permukaan dan nomor record. Semua track dari disk pack membentuk suatu silinder. Jadi bila suatu disk pack dengan 200 track per permukaan, maka mempunyai 200 silinder. Bagian nomor permukaan dari pengalamatan record menunjukkan permukaan silinder record yang disimpan. Jika ada 11 piringan maka nomor permukaannya dari 0 - 19 atau dari 1 - 20. Pengalamatan dari nomor record menunjukkan dimana record terletak pada track yang ditunjukkan dengan nomor silinder dan nomor permukaan.

METODE SEKTOR

¨

¨ Setiap track dari pack dibagi kedalam sektor-sektor. Setiap sektor adalah storage area untuk banyaknya karakter yang tetap.

¨ Pengalamatan recordnya berdasarkan nomor sektor, nomor track, nomor permukaan. Nomor sektor yang diberikan oleh disk controller menunjukkan track mana yang akan diakses dan pengalamatan record terletak pada track yang mana.

¨

¨ Setiap track pada setiap piringan mempunyai kapasitas penyimpanan yang sama meskipun diameter tracknya berlainan. Keseragaman kapasitas dicapai dengan penyesuaian density yang tepat dari representasi data untuk setiap ukuran track.

¨

Keuntungan lain dari pendekatan keseragaman kapasitas adalah file dapat ditempatkan pada disk tanpa merubah lokasi nomor sector (track atau cylinder) pada file.

¨

¨ ORGANISASI BERKAS DAN METODE ACCESS PADA MAGNETIC DISK

¨ Untuk membentuk suatu berkas didalam magnetic disk bisa dilakukan secara sequential, index sequential, ataupun direct. Sedangkan untuk mengambil suatu data dari berkas yang disimpan dalam disk, bisa dilakukan secara langsung dengan menggunakan direct access method atau dengan sequential access method (secara sequential)

¨

¨ Keuntungan penggunaan Magnetic Disk

¨

à Akses terhadap suatu record dapat dilakukan secara sequential atau direct

à Waktu yang dibutuhkan untuk mengakses suatu record lebih cepat

à Respontime cepat

¨

à

Tidak ada komentar:

Posting Komentar