Selasa, 05 Oktober 2010

On the net: Navigating theWorldWideWeb

Tujuan penulis pada kali dalam memahami New Media adalah untuk mengeksplorasi dalam hal yang luas, internet dan World Wide Web sebagai fenomena sosio-teknis yang tidak terpisahkan.

Tertuang dalam (Marshall 2004:45) "Melebihi dari teknologi new media lainnya, internet telah mewakili perubahan gagasan dan pembaruan dalam budaya kontemporer. Sebuah vernacular baru telah dikembangkan dare berbagai bentuk perusahaan yang menggarisbawahai pengaruh dan normalisasi dalam kehidupan kita".

Adapun gagasan "Sosio-teknis" dimana komputer dilihat sebagai produk, dan menempati ruang dalam, kumpulan sosio-teknis tertentu yang membuat pencampuran kompleks antara masyrakat dan teknologi

Internet adalah dianggap terbaik sebagai jaringan, interkoneksi global komputer (dan lain perangkat komputasi 'seperti personal digital assistant (PDA), telepon, dan sebagainya). Pada akhir 1960-an, muncullah penelitian-penelitian dalam pengembangan internet. Contohnya ARPANET, sebuah jaringan awalnya kecil yang didirikan oleh US Department of Pertahanan, di mana internet dibuat untuk kebutuhan militer, itu artinya pada hari ini internet bermula dari sebuah proyek pemerintah. Kemudian muncullah dari kelompok-kelompok hobi dan hacker tertarik dengan komputasi sebagai alat untuk demokrasi atau revolusi.

Tentu saja, internet tidak hanya komputer dan saluran telepon, namun perangkat-perangkat lainnya seperti perangkat lunak, khususnya protokol (dengan singkatan seperti TCP, FTP, HTTP dan IP)
yang memungkinkan data untuk lulus di sepanjang jaringan dari node ke node, yang akan 'dikirim' dan 'Diterima' di tempat yang tepat pada waktu yang tepat,dengan cara yang benar, juga memiliki interface (tatap muka) menggunakan internet, serta banyak lagi teknologi internet yang sudah maju.

Tanggal lahir dari World Wide Web sering dikutip sebagai tanggal 6 Agustus 1991, meskipun beberapa tahun sebelum ini terdapat inovasi yang luar biasa sangat luar biasa, ketika ide Berners-Lee bergabung dengan browser yang tersedia secara luas dan bebas yang disebut Mosaic. Web adalah cara untuk mengelola konten di internet, berdasarkan protokol bersama dan standar. Web adalah cara untuk mengelola konten di internet, berdasarkan protokol bersama dan standar. Ini berarti bahwa semua jenis bahan tersedia, dapat disimpan dan diakses dari semua jenis komputer (memiliki daya komputasi yang diperlukan dan koneksi), berkat penggunaan bahasa komputer umum, Hypertext Markup Bahasa atau HTML. HTML atau seperti Esperanto dari Web, cara untuk 'Menerjemahkan' berbagai jenis data dan memindahkan sekitar internet, dimana browser dapat menemukan mereka. adi, World Wide Web adalah cara mengakses kunci, mengelola, menghubungkan, penghasil dan konsumen informasi melalui internet.

Beberapa komentator berpendapat, efek yang kuat tentang internet dan World Wide Web, benar atau tidaknya, titik kuncinya bahwa sumber daya simbolik seperti novel, film, dan sebagainya memiliki peran penting dalam membentuk pemahaman kita tentang hubungan dengan teknologi. Untuk sementara, terutama pada 1990-an, dunia maya sebagai wadah yang berguna untuk menggambarkan pemahaman dan hubungan. Beberapa akademisi – termasuk penulis - lebih menyukai istilah yang lebih luas, 'cyberculture', yang digunakan untuk menandai cara di mana hal-hal seperti Web sekaligus membentuk dan dibentuk oleh budaya - Internet bukan hanya artefak teknologi, internet adalah fenomena budaya, dan tidak dapat terpisahkan. Sementara kritikus lain berpendapat bahwa istilah ini memiliki kehilangan relevansi, dan harus membuat kata-kata baru - New Media, mungkin, atau budaya digital - sebagian dari kita keras kepala untuk mempertahankan itu, baik untuk luasnya dan untuk resonansi: ini mengingatkan kita bahwa kita mengalami perkembangan internet dan World Wide Web.

Timbullah pertanyaan, apakah yang seharusnya kita lakukan ketika kita menggunakan Net dan Web?
Menggunakan Internet merupakan salah satu cara untuk menjawab pertanyaan ini, fokus pada penggunaan:Untuk apa kita menggunakan internet?
Internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dari satu orang ke orang lain, melalui teks yang berarti seperti email atau 'chatting' forum-forum seperti MSN, menggunakan audio, baik melalui voice over IP telepon (seperti Skype) atau melalui file suara (pesan direkam); melalui
audiovisual, seperti melalui Webcam. Hal ini dapat digunakan untuk mengirim dan menerima informasi dalam berbagai format, termasuk teks, dan keunggulan lainnya. Dari penjelasan di atassimpulkan bahwa internet mempermudah kita dalam bekerja ataupun interaksi dengan orang lain.

Referensi :

Digital Cultures understanding New Media, by Gleen Creeber and Royston Martin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar