Rabu, 30 November 2011

Blender

Blender

Sebelum menjelaskan tentang blender, terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang Grafkom(
grafik komputer). Grafkom adalah bagian ilmu computer yang berkaitan dengan pembuatan dan mannipulasi gambar secara digital. Bentuk sederhana dari grafik computer adalah grafkom 2D yang berkembang menjadi grafkom 3D, pemrosesan citra dan pengenalan data. Grafkom juga dikenal dengan istilah visualisasi data.

Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3D yang grafis dan popular di kalangan desainer. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3D. blender juga memiliki fitur untuk membuat permainan.

Berikut langkah-langkah pembuatan object yang akan saya buat. Object tersebut nantinya akan menjadi sebuah topi kerucut “topi petani” yang dihiasi pernak-pernik agar terlihat menarik.

· Setelah masuk blender, kita pilih object yang diinginkan. Klik ADD pada menu bar, klik mesh dan pilih object yang diingankan. Object yang saya gunakan pertama adalah object yang berbentuk cone’kerucut’. Tentukan besar kecil object tersebut dengan menekan huruf ‘S’ pada keyboard. Untuk melihat object dari sisi/sudut pandang yang berbeda, kita dapat menekan scroll pada mouse lalu gerakkan kea rah yang kita inginkan.

· Jika ukuran object telah kita tentukan, kita dapat memulai menghiasi object cone yang tadi kita buat denganmenambahkan object- object lainnya. Seperti contoh saya akan menghiasi object cone dengan object iochosphere. Caranya pun sama seperti kita membuat object cone, namun ukuran object iocospherenya dikecilkan. Setelah object- object penghias telah dibuat, kita dapat menggabuungkan object penghias dengan object inti(object cone). Caranya adalah dengan klik kanan pada object pertama, tekan shift lalu tekan object yang kedua dan tekan ctrl+j(join). Maka dua buah itu telah menjadi satu object.

Untuk pewwarnaan object kita dapat gunakan icon material pada baris icon di sisi layar kita. Klik material lalu pilih difuse untuk menentukan warna object kita. Setelah semua telah dibuat kita dapat menampilkan object kita dengan keadaan gambar foto. Caranya adalah dengan pilih menu render lalu klik render image.

sumber : wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar