Senin, 07 November 2011

IMK bagian 2

IMK bagian 2

Kita butuh IMK adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Serta bisa membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.

Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :

untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan

balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka

manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).

Dalam pembuatan interaksi antara manusia dan komputer, kita harus melihat dari berbagai segi. Di antaranya adalah :

1. 1. Psikologi

2. 2. Teknik elektronika & ilmu komputer

3. 3. Sosiologi

4. 4. Linguistik

5. 5. Ergonomik

6. 6. Perancangan grafis dan tipografi

Contohnya saya akan menjelaskan interaksi manusia dan komputer dari segi psikologis. Dalam pembuatan tombol atau icon yang terdapat di komputer, kita harus memahani sifat dan kebiasaan, persepsi dan pengolahan kognitif, keterampilan motorik pengguna ( user ). Hal itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan dalam penggunaannya, serta dapat memberikan kemudahan pemakaiannya.

Berikut contohnya :

6.Keyboard Alphabetik
Tombol-tombol yang ada pada keyboard alphabetik disusun persis seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak, tetapi susunan hurufnya berurutan seperti pada urutan alphabet. Keyboard alphabetik juga tidak dapat menyaingi popularitas tata letak QWERTY, tetapi biasanya banyak ditemui pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak diajar mengenal huruf alphabet. Bagi pengguna yang bukan tukang ketik, barangkali tata letak ini cukup membantu. Tetapi, dari hasil pengujian, penggunaan tata letak seperti ini justru memperlambat kecepatan pengetikan.

7. Keyboard Numeric

Untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang besar, orang lebih suka menggunakan tombol numerik (numeric keypad) yang tata letak tombol-tombolnya dapat dijangkau dengan tangan.


sumber : http://nshafitri-imk.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar