Senin, 07 November 2011

IMK ( Interaksi Manusia Komputer )

IMK ( Interaksi Manusia Komputer )

IMK merupakan bidang ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dan komilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.

Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse.

Yang kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer)

• Manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor/printer sebagai keluaran.

• Manusia jarang sekali menyadari proses interaksi dengan komputer. Manusia baru menyadari proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan solusi pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif, kurang menarik, kurang komunikatif.

jadi secara garis besar IMK itu adalah sebuah interaksi antara manusia(user) dengan computer yang menggunakan beberapa dan berbagai macam aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan yang sedang dilakukan oleh manusia.contoh pekerjaan yang sering digunakan oleh manusia yang dikerjakan oleh computer adalah membuat suatu pekerjaan menulis ataupun pekerjaan kantor.

Berikut contoh IMK

Interaksi Berbasis Icon

Window Icon Menu Pointer atau Window Icon Mouse Pull-down Menu, merupakan model baku untuk sistem komputer interaktif saat ini, khususnya untuk PC.

• Area pada layar komputer yang dimiliki oleh terminal yang mandiri

• Dapat berisi teks atau gambar

• Dapat bertumpukan, disembunyikan, atau ditampilkan semua

• Tersedia scrollbars untuk menggulung layar naik turun atau menggeser layar kanan kiri

• Tittle bar berisi judul / nama dari window

• Dalam aplikasi dapat terdiri dari 1 atau lebih jendela yang bekerja dan tidak saling mempengaruhi


sumber : http://hendra-kudabesi.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar